Cara yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mengatasi Pencemaran Air

Salah satu unsur yang tidak akan pernah lepas dibutuhkan manusia adalah air. Air adalah salah satu sumber kehidupan yang mulai dari adanya makhluk hidup sampai nanti hari akhir akan terus dibutuhkan. Namun tentu air yang berkualitas baiklah yang sangat dibutuhkan.

Negara kita sendiri merupakan negara kepulauan yang jelas di sini air sangat melimpah. Namun faktanya memang negara kita masih belum mampu mengelola hal tersebut.

Masyarakatnya juga banyak yang mencemari dan mengotori sumber – sumber air yang ada. Salah satu tindakan pencemaran air yang sering kali dilakukan adalah membuang sampah sembarangan ke sungai alias bukan pada tempat sampah stainless dan juga buangan limbah pabrik ke sungai tanpa proses filterisasi.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah yang namanya pencemaran air. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pakailah air dengan sebijaksana mungkin. Jangan banyak membuang air untuk kegiatan yang kurang penting. Dan usahakan kita menggunakan air dengan jumlah takaran yang pas.
  • Usahakan kita bisa mengurangi penggunaan detergen. Karena kita tau detergen itu adalah limbah B3 yang paling sering digunakan di rumah tangga. Kita bisa mulai beralih kepada detergen yang lebih ramah lingkungan dan juga tidak berbahaya.
  • Konsumsi obat – obatan juga perlu dikurangi seperti obat – obatan kimia. Contoh obat – obatan yang bisa merusak air adalah pestisida yang digunakan petani atau penggunaan obat nyamuk cair.
  • Jangan dibiasakan mencuci kendaraan di sungai langsung. Tindakan ini justru malah yang mempercepat air sungat tercemar.
  • Jangan juga menjadikan sungai sebagai tempat memandikan hewan ternak karena pasti juga nanti air menjadi berbau dan pastinya tercemar

Sebetulnya masih banyak hal yang perlu kita benahi dan juga perlu kita rubah agar yang namanya air dari alam itu tidak kita cemari begitu saja.

Karena apabila air itu sudah sampai tercemar pasti nanti yang dirugikan kita – kita juga. Makanya, tidak akan ada yang diuntungkan apabila air sudah tercemar. Malah akan menimbulkan dampak negatif dan seterusnya.